Tutorial Blog : Memposting Artikel di Blogger.com

Sabtu, 15 Mei 2010
Posted by Unknown



Di artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan mengenai cara mendaftarkan atau membuat Blog di Blogger.com. Kini saatnya kita mempelajari cara memposting sebuah artikel agar bisa ditampilkan di Blog kita dan dibaca oleh semua orang.


Sebelum masuk ke tahap cara memposting, saya akan menjelaskan mengenai tampilan halaman untuk membuat dan mengelola postingan:



Keterangan gambar :
  • Judul : Judul Postingan yang akan Anda buat, misalnya; Belajar bikin Blog
  • Formating Toolbar : Tools yang berfungsi sebagai formating dan style untuk postingan kita, layaknya pada MS WORD (serupa tapi tak sama jadi ga usah dijelasin satu" ya, tapi klo ada yang mu tanya silahkan comment saja nanti saya jawab)..hehehehe
  • Label untuk entri ini: Menentukan label untuk postingan baru Anda, misalnya Tips 'n Trik, atau bisa dikatakan sebagai kategori Postingan.
  • Opsi Entri: Pilihan boleh atau tidaknya pembaa memberikan komentar dan mengubah tanggal dan waktu postingan
  • Pratinjau: Untuk melihat hasil postingan sebelum di publikasikan
  • Edit HTML: Menampilkan dalam format HTML
  • Compose: Menampilkan dalam format aslinya, seperti mengetik di layar MS WORD
  • TERBITKAN ENTRI : Memposting artikel yang baru kita buat agar dapat dibaca di Blog kita
  • SIMPAN SEKARANG : layaknya dalam MS WORD, fungsi ini digunakan untuk menyimpan postingan kita, agar supaya saat jendela browser tertutup atau hilang koneksi internet, kita masih dapat membuka kembali postingan yang kita buat sebelumnya. Tapi sekarang Blogger.com sudah melakukan proses penyimpanan otomatis, sehingga kalo kita lupa, Blogger.com sudah mensave postingan Anda secara 'diam-diam'..hehehehe
Oke, sudah cukup jelas dengan interface membuat postingan di Blogger.com???? Jika belum jelas, silahkan comment saja pada postingan ini, mudah"n saya bisa jawab, namun jika sudah paham, mari kita membuat postingan pertamax di Blog baru kita.......TAKE ACTION .!
  1. Silahkan login terlebih dahulu di Blogger.com
  2. Klik Entri Baru / New Post
  3. Setelah itu Anda akan menemukan tampilan seperti di atas, silahkan ikuti petunjuk diatas.
  4. Jika anda sudah mengisi halaman untuk posting artikel, klik terbitkan entri' jika postingan anda ingin langsung dipublikasikan di blog, atau simpan sekarang' jika anda belum mau mempostingnya.
  5. Jika anda mengklik 'Terbitkan Entri' maka Anda akan melihat tampilan seperti berikut
  1. Klik 'Lihat Entri' untuk melihat hasilnya di blog Anda.
Akhirnya Anda sudah melakukan postingan pertamax di Blog baru Anda, kini Anda dapat membuat postingan lagi yang lebih menarik dan berguna lagi bagi pembaca.....
.............................................??????
eeeeeiittttssss tunggu dulu, mungkin Anda bingung bagaimana cara memilih topik pada saat ingin membuat postingan atau poin penting apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat posting, nahhh.......saya punya tips 'n trik mudah nih untuk memilih topik dalam membuat suatu postingan agar bisadibaca oleh banyak orang....klik disini.


Label:

0 komentar: